Minggu, 11 November 2007

Revisi UTS 2

Revisi UTS

Logika dan Algoritma

Proses Penerimaan Mahasiswa Baru

Algoritma :

  1. Perekrutan panitia.

  2. Menentukan syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh peserta calon mahasiswa PENS.

  3. Mempersiapkan berkas-berkas yang diperlukan, baik untuk tes, pendaftaran, daftar ulang, dll.

  4. Mempersiapkan formulir. Baik untuk pendaftaran maupun daftar ulang.

  5. Mempersiapkan soal.

  6. Menentukan ruangan mana yang akan di pakai untuk pendaftaran , tes, pengembalian formulir, pengisian formulir, sekretariat, informasi,tes kesehatan, daftar ulang, dan untuk kebutuhan lainnya yang berkaitan dengan Penerimaan Mahasiswa Baru.

  7. Menentukan waktu pendaftaran. Tanggal berapa pendaftaran dibuka dan ditutup dan jam berapa pendaftaran dibuka dan ditutup.

  8. Menentukan waktu tes. Tanggal berapa tes dilakukan jam berapa tes dimulai dan diakhiri.

  9. Menentukan waktu untuk daftar ulang, termasuk untuk daftar ulang cadangan. Tanggal berapa daftar ulang dibuka dan ditutup dan jam berapa daftar ulang dibuka dan ditutup.

  10. Cek apakah hari ini adalah tanggal untuk pendaftaran. Bila iya, maka ke langkah selanjutnya. Namun bila tidak maka cek lagi sampai tiba hari pendaftaran.

  11. Cek apakah sudah jam dimulainya pendaftaran. Bila masih belum, maka cek lagi sampai tiba waktunya dimulai pendaftaran. Namun bila sudah, lanjut ke langkah berikutnya.

  12. Proses pendaftaran.

  13. Cek apakah waktu pendaftaran masih ada (pada hari yang sama). Bila masih, dilanjutakan lagi untuk proses pendafaran. Namun bila sudah habis, langsung ke langkah selanjutnya.

  14. Cek apakah sekarang masih merupakan hari untuk pendaftaran. Bila masih, kembali ke langkah 11. Bila sudah bukan, maka dapat lanjut ke langkah berikutnya.

  15. Mempersiapkan ruangan-ruangan untuk tes, pengawas tes, dan ruang soal.

  16. Cek apakah hari untuk pelaksanaan tes telah tiba. Bila iya, maka ke langkah selanjutnya. Namun bila tidak maka tuggu sampai tiba waktu pelaksanaan tes.

  17. Cek apakah sudah jam dimulainya tes. Bila masih belum, maka tunggu sampai tiba waktu untuk dimulai tes. Namun bila sudah, lanjut ke langkah berikutnya.

  18. Proses tes.

  19. Cek apakah waktu tes masih ada. Bila masih, maka tes dilanjutakan lagi. Namun bila waktu tes sudah habis, langsung ke langkah selanjutnya.

  20. Pengkoreksian jawaban.

  21. Penyeleksian peserta mana yang lolos dengan melihat dari kelengkapan berkas, syarat-syarat yang dipenuhi, dan hasil tes. Termasuk menentukan peserta mana yang menjadi cadangan.

  22. Cek apakah hari untuk pengumuman telah tiba. Bila hari tersebut telah tiba, maka ke langkah selanjutnya. Namun bila belum, maka tunggu sampai hari tersebut tiba.

  23. Cek apakah sudah waktunya memasang pengumuman para peserta yang lolos dan yang masuk cadangan, serta pengumuman daftar ulang harus dilaksanakan pada hari apa dan jam berapa. Bila masih belum, maka tunggu sampai tiba waktunya memasang pengumuman. Namun bila sudah, pengumuman dapat dipasang, baik dipasang di kampus maupun di-upload.

  24. Cek apakah hari ini untuk daftar ulang telah tiba. Bila iya, maka ke langkah selanjutnya. Namun bila tidak maka tunggu sampai hari tersebut tiba.

  25. Cek apakah sudah jam dimulainya pendaftaran ulang peserta yang lolos seleksi. Bila masih belum, maka tunggu sampai tiba waktunya dimulai daftar ulang. Namun bila sudah, lanjut ke langkah berikutnya.

  26. Proses daftar ulang.

  27. Cek apakah waktu daftar ulang masih ada (pada hari yang sama). Bila masih, proses daftar ulang dapat dilanjutkan kembali. Namun bila sudah habis, langsung ke langkah selanjutnya.

  28. Cek apakah daftar ulang telah ditutup. Bila daftar ulang belum ditutup, kembali ke langkah 25. Bila daftar ulang sudah ditutup, maka dapat lanjut ke langkah berikutnya.

  29. Cek apakah hari ini untuk daftar ulang para peserta yang masuk cadangan. Bila iya, maka ke langkah selanjutnya. Namun bila tidak maka tunggu sampai hari tersebut tiba.

  30. Cek apakah sudah jam dimulainya daftar ulang untuk peserta yang masuk cadangan. Bila masih belum, maka tunggu sampai tiba waktunya dimulai daftar ulang. Namun bila sudah, lanjut ke langkah berikutnya.

  31. Proses daftar ulang untuk para peserta yang masuk cadangan.

  32. Cek apakah waktu untuk daftar ulang para cadangan masih ada. Bila masih ada, proses daftar ulang masih dapat dilanjutkan. Namun bila waktunya telah habis, proses daftar ulang untuk para cadangan harus diakhiri.

  33. Para peserta yang lolos dan melakukan daftar ulang telah mejadi mahasiswa baru (MABA) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).

Flowchart :

Tidak ada komentar: