Minggu, 11 November 2007

Revisi UTS 3

Revisi UTS

Logika dan Algoritma

Menjalankan Sepeda Motor

Algoritma :

  1. Tanya tujuan yang akan dikunjungi.

  2. Masukkan tujuan.

  3. Cek apakah sudah tahu jalan ke arah tujuan. Bila sudah tahu langsung ke langkah 5. Namun bila belum tahu, maka ke langkah selanjutnya.

  4. Tanya jalan, kemudian kembali ke langkah 3. Bila tidak memungkinkan untuk bertanya, maka carilah peta, kemudian baru kembali ke langkah 3.

  5. Cek angin pada kedua ban. Apakah angin tersebut cukup dan tidak membahayakan. Bila anginnya cukup, maka lanjutkan ke langkah berikutnya. Apabila anginnya kurang, isi angin secukupnya dan cek lagi.

  6. Cek sepeda motor baik motor, oli, mesin, sampai pada ban. Bila semuanya OK, maka dapat lanjut ke langkah selanjutnya. Bila ada yang tidak OK, maka perbaiki dulu sampai OK, baru bias lanjut lagi ke langkah selanjutnya.

  7. Cek apakah bensin masih mencukupi. Bila bensin masih mencukupi, dapat langsung berjalan kea rah tujuan. Namun bila tidak cukup, maka :

    1. Cari pom bensin. Bila ketemu pom bensin, maka langsung saja isi bensin lalu melanjutkan . perjalanan. Namun bila masih tidak ketemu juga, carilah toko yang menjual bensin sampai ketemu lalu mengisi bensin.

    2. Berjalan ke arah tujuan.

  8. Apabila di tengah perjalanan tiba-tiba mogok, maka cek bensin.

  9. Apabila bensin masih cukup maka ke langkah 11.

  10. Apabila bensin tidak cukup, maka :

    1. Cari pom bensin. Bila ketemu pom bensin, maka langsung saja isi bensin lalu melanjutkan . perjalanan. Namun bila masih tidak ketemu juga, carilah toko yang menjual bensin sampai ketemu lalu mengisi bensin.

    2. Berjalan ke arah tujuan.

  11. Perbaiki sepeda motor. Kemudian cek. Apabila OK, dapat dapat melanjutkan perjalanan. Apabila masih belum OK, maka :

    1. Cari bengkel terdekat kemudian ke langkah berikutnya. Namun bila tidak ketemu juga, tanya orang dan cari sampai ketemu.

    2. Montir memperbaiki sepeda motor.

    3. Mengecek sepeda motor. Apabila sudah OK, lanjutkanlah perjalanan. Namun bila masih belum OK, perbaiki lagi sampai OK.

  12. Apabila sudah sampai tujuan, maka ke langkah berikutnya. Apabila belum sampai pada tujuan yang diinginkan, maka lanjutkanlah perjalanan.

  13. Tanya apakah masih ingin jalan lagi. Apabila masih ingin jalan lagi, maka kembali ke langkah pertama. Namun bila sudah tidak ingin melakukan perjalanan lagi, proses dapat diakhiri.

Flowchart :

Tidak ada komentar: